Pengaruh Celebrity Endorser Terhadap Minat Beli Produk Skincare

Authors

  • Fany Sholida Lestari Universitas Kristen Maranatha
  • Cen Lu Universitas Kristen Maranatha

DOI:

https://doi.org/10.59422/lbm.v3i02.722

Keywords:

celebrity endorser, Minat beli, Skincare

Abstract

Memasuki era digital yang semakin kompetitif, strategi pemasaran yang efektif menjadi kunci bagi perusahaan dalam menarik perhatian konsumen, terutama dalam industri kecantikan yang berkembang pesat. Celebrity endorser menjadi salah satu strategi yang sering digunakan untuk meningkatkan daya tarik produk di tengah persaingan yang ketat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh celebrity endorser terhadap minat beli produk skincare. Dalam penelitian ini, Dr. Richard Lee dipilih sebagai celebrity endorser karena dinilai memiliki kredibilitas tinggi di bidang kecantikan dan perawatan kulit. Penelitian dilakukan menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel pada penelitian berjumlah 65 responden dengan teknik purposive sampling. Teknik analisis data menggunakan metode regresi linier sederhana, dengan analisis data dilakukan menggunakan software SPSS versi 22. Data diperoleh melalui kuesioner yang disebarkan kepada responden yang mengetahui Dr. Richard Lee dan memiliki minat terhadap produk skincare. Hasil analisis menunjukkan bahwa celebrity endorser berpengaruh signifikan terhadap minat beli produk skincare, dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,979 dan tingkat signifikansi 0,001. Hasil analisis menegaskan bahwa kredibilitas seorang celebrity endorser secara efektif meningkatkan minat beli konsumen terhadap produk yang dipromosikan. Berdasarkan temuan ini, dapat disimpulkan bahwa celebrity endorser memiliki peran strategis dalam mempengaruhi minat beli produk skincare, khususnya di sektor kecantikan. Oleh sebab itu, perusahaan atau merek dianjurkan untuk memilih celebrity endorser dengan reputasi baik yang serta tingkat relevansi yang tinggi terhadap produk yang dipasarkan. Selain itu, penelitian ini juga memberikan peluang bagi studi lanjutan guna mengeksplorasi pengaruh celebrity endorser di berbagai sektor industri.

References

Adila, W. (2024). Peranan Strategi Promosi Pemasaran Terhadap Peningkatan Volume Penjualan. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 162–166. Http://Ejournal.Stia-Lkdumai.Ac.Id/Index.Php/

Adrianto, R., & Kurnia. (2021). Kredibilitas Influencer Dalam Membentuk Kepercayaan Konsumen Terhadap Brand. Jurnal Riset Manajemen Komunikasi, 1(1), 54–60. Https://Doi.Org/10.29313/Jrmk.V1i1.117

Adyas, D., & Khairani, A. (2019). Analisis Pengaruh Daya Tarik Iklan, Kualitas Pesan Iklan Dan Frekuensi Penayangan Iklan Terhadap Efektivitas Iklan Tv Tokopedia. Jurnal Riset Bisnis, 2(2), 95–101. Http://Jrb.Univpancasila.Ac.Id

Amanda, L., & Manajemen, J. (2015). Analisis Pengaruh Celebrity Endorser Dan Promosi Penjualan Terhadap Keunggulan Merek Serta Pengaruhnya Terhadap Minat Beli Sepeda Motor Yamaha Mio (Studi Kasus Pada Warga Di Kota Semarang). DIPONEGORO JOURNAL OF MANAGEMENT, 4, 1–12. Http://Ejournal-S1.Undip.Ac.Id/Index.Php/Dbr

Andri, S., Tribhuwana, I., Dewi, T., Anggraeni, S. R., Firdha Aulia, B., & Nazneen, S. (2023). Dengan Kredibilitas Celebrity Endorser, Citra Merek Dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Minat Beli Produk Kecantikan Dalam Social Media (Studi Kasus Produk The Originote Pada Social Media Tiktok). Jurnal Manajemen Pemasaran Internasional, 2(1), 226–236. Https://Doi.Org/Http://Dx.Doi.Org/00.00000/000000

Andrio, O. :, Pembimbing, H., Zulkarnain, :, & Taufiqurrahman, D. (2017). Analisis Pengaruh Iklan Dan Celebrity Endorser Terhadap Citra Merek Dalam Meningkatkan Minat Beli Shampoo Pentene Pada Masyarakat Kota Pekanbaru. In Jom Fekon (Vol. 4, Issue 1).

Angella, T., & Rahmadi, M. (2020). Analisis Review Beauty Vlogger, Kualitas Produk, Dan Harga Terhadap Minat Beli Analysis Of Beauty Vlogger Reviews, Product Quality, And Price On Buying Interest. Jurnal Manajemen Dan Perbankan, 7(2), 18–32. Www.Topbrand-Award.Com

Apriilya, N., Ernawati, S., Tinggi, S., & Bima, I. E. (2022). Pengaruh Kualitas Produk Dan Endorsment Terhadap Minat Beli Di Aroha Kopi. Jurnal Cahaya Mandalika, 3(2). Http://Ojs.Cahayamandalika.Com/Index.Php/JCM

Arindani, D., & Loisa, R. (2019). Pengaruh Celebrity Endorser, Shopping, Orientatiton, Online Trust, Dan Prior Online Purchase Experience Terhadap Minat Beli Konsumen Di Toko Onlien Elevenia Di DKI Jakarta. Jurnal Manajemen Bisnis Dan Kewirausahaan. Https://Journal.Untar.Ac.Id/Index.Php/Jmbk/Article/View/6072/4078

Ayuwardani, R. P. (2018). Pengaruh Informasi Keuangan Dan Non Keuangan Terhadap Underpricing Harga Saham Pada Perusahaan Yang Melakukan Initial Public Offering. Jurnal Nominal, 7(1). Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.21831/Nominal.V7i1.19781

Azalia Cosina, S. (2021). Pengaruh Brand Image, Point Of Different, Dan Point Of Parity Terhadap Brand Loyality Iphone Pada Konsumen Di Jakarta Utara. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Keuangan, 4(4). Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.32670/Fairvalue.V4i4.810

Choerunisa, A. H., Studi, P., & Psikologi, S. (2021). Peran Kepercayaan, Keahlian, Dan Daya Tarik Celebrity Endorser Terhadap Minat Beli Pengguna Instagram Di Masa Pandemi Covid-19. Journal Of Psychology And Humanities, 1(2), 23–36.

Choi, J. (2019). How Do Consumers React To Scandals Involving Celebrity Endorsers And Endorsed Brands? Journal Of Distribution Science, 17(8), 77–85. Https://Doi.Org/10.15722/Jds.17.08.201908.77

Dafa Galih Pratama, F., Susanto, B., & Farida. (2022). Pengaruh Corporate Social Responsibility Dan Likuiditas Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan Yang Memperoleh Suistainability Reporting Award (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Asrrat Dan Sra Tahun 2015-2020). Business And Economics Conference In Utilization Of Modern Technology.

Ekon.Go.Id. (2024). Hasilkan Produk Berdaya Saing Global, Industri Kosmetik Nasional Mampu Tembus Pasar Ekspor Dan Turut Mendukung Penguatan Blue Economy. Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia. Https://Www.Ekon.Go.Id/Publikasi/Detail/5626/Hasilkan-Produk-Berdaya-Saing-Global-Industri-Kosmetik-Nasional-Mampu-Tembus-Pasar-Ekspor-Dan-Turut-Mendukung-Penguatan-Blue-Economy

Emia, O. :, Br, V. K., Komunikasi -Konsentrasi, J. I., & Masyarakat, H. (2018). Pengaruh Celebrity Endorser Produk Fair N Pink Pada Akun Instagram @Fairnpinkindonesia Terhadap Minat Beli Konsumen. In Jom Fisip (Vol. 5).

Fahratun, D., Manajemen, N. J., Ekonomi, F., Bisnis, D., Tanjungpura, U., Prof, J., Profesor, J., Nawawi, D. H. H., Pontianak, K., & Barat, K. (2023). Pengaruh Celebrity Endorsement Dan Digital Marketing UMKM Produk Tarsusu Tart Tuns Terhadap Minat Beli Generasi Z Di Kota Pontianak. Management Business Innovation Conference. Https://Sensus.Bps.Go.Id

Fatimah Dina Najib, S., Daud, I., & Rosa, A. (2019). Pengaruh Trustworthiness, Expertise Dan Attractiveness Celebrity Endorser Di Instagram Terhadap Purchase Intention Produk Hijab.

Febria Lina, L., & Permatasari, B. (2020). Kredibilitas Selebriti Mikro Pada Niat Beli Produk Di Media Sosial. Jurnal Manajemen Bisnis Islam, 1(2). Https://Doi.Org/10.24042/Revenue.V1i01.6296

Febrianti, R., & Mirza Abdi, K. (2020). Analisis Pengaruh Celebrity Endorser/Brand Ambasador, Harga Dan Desain Produk Yang Dimediasi Oleh Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Di Online Shop Shopee. Jurnal Pendidikan, Akuntansi Dan Keuangan, 3(1). Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.47080/Progress.V3i1.782

Herdi. (2024). Biografi Lengkap Dr Richard Lee. Hops.Id. Https://Www.Hops.Id/Hot/29412066651/Tak-Banyak-Yang-Tahu-Ini-Dia-Biografi-Lengkap-Dr-Richard-Lee

Hernanda, M. A., & Waris, A. (2023). Pengaruh Celebrity Endorser Dan Promosi Penjualan Terhadap Minat Eli Produk Body Serum Scarlet Whitening. Jurnal Aplikasi Bisnis, 9(2).

Indah, K., & Budiatmo, A. (2019). Pengaruh Brand Image Dan Brand Awareness Terhadap Minat Beli Sepeda Motor Honda Scoopy Drngn Minat Beli Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada Konsumen Pt. Nusantara Sakti Di Kota Semarang). Jurnal Administrasi Bisnis, 8(1). Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.14710/Jiab.2019.22738

Irpansyah, M. A., Ramdan, A. M., & Danial, R. D. M. (2019). Kredibilitas Dan Kekuatan Selebgram Dalam Meningkatkan Minat Beli Pada Toko Online Di Instagram. Journal Of Economic, Bussines And Accounting (COSTING), 2(2). Https://Doi.Org/10.31539/Costing.V2i2.554

Jesua Tsang, F., & Donna Adindarena, V. (2022). Eksplorasi Penggunaan Media Sosial Sebagai Promosi Produk (Studi Pada Usaha Tenun Ikat Kambera Di Kelurahan Lambanapu). Jurnal Riset Ekonomi, 2(2), 193. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.53625/Juremi.V2i2.2821

Joesyiana, K., Basriani, A., Susanti, D., & Wahyuni, S. (2021). Pengaruh Celebrity Endorser Terhadap Minat Beli Pengguna Media Sosial Instagram. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 4(2). Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.32877/Eb.V4i2.228

Kaur, S., & Garg, A. (2016). Celebrity Endorsment And Buying Behavior: A Study Of Panjab University Students. International Journal Of Research -GRANTHAALAYAH, 4(11), 122–136. Https://Doi.Org/10.29121/Granthaalayah.V4.I11.2016.2430

Kurniawan, A., Suryo, H., Si, M., & Siswanta, D. (2023). Pesan Moral Dalam Iklan Audio Visual Peluk Di Youtube. Jurnal Ilmu Ilmu Sosial, 7(1). Https://Ejurnal.Unisri.Ac.Id/Index.Php/Sldrts/Article/View/8247

Ladya Meitharani Budi Astuti, R. (2016). Pengaruh Promosi Online Dan Celebrity Endorser Terhadap Minat Beli Konsumen Tas Online Shop Fani House. E-Journal Undip, 5(1). Https://Ejournal3.Undip.Ac.Id/Index.Php/Interaksi-Online/Article/View/14474

Latief, F., Manajemen, J., & Nobel Indonesia Makassar, I. (2023). Pengaruh Celebrity Endorser Dan Promosi Penjualan Terhadap Minat Beli Minuman Yotta. Jurnal Manajemen Dan Akuntansi, 1(1), 71–80.

Leonardo, & Erdiansyah. (2020). Pengaruh Celebrity Endorsement Dan Perceived Advertising Value Terhadap Keputusan Pembelian Di Fore Coffee. Jurnal Manajemen Dan Penelitian Akuntansi. Https://Doi.Org/:10.24912/Pr.V4i2.6482

Leonita, L. (2023). The Impact Of Celebrity Endorsment On Purchase Intention Of Local Skincare Brand: The Role Of Perceived Value. Journal Of Business Studies And Management Review (JBSMR), 6(2). Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.22437/Jbsmr.V6i2.24608

Lestan’, A. P. (2019). Pengaruh Celebrity Endorser, Brand Image Dan Harga Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Geprek Bensu Kawi Malang. Journal Riset Mahasiswa Manajemen, 2(1). Http://Ej0urna1.Unikama.Ac.Id

Lukitaningsih, A. (2013). IKLAN YANG EFEKTIF SEBAGAI STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN. In Jurnal Ekonomi Dan Kewirausahaan (Vol. 13, Issue 2).

Made, N., Wulandari, R., & Ketut Nurcahya, I. (2015). Pengaruh Celebrity Endorser, Brand Image, Brand Trust Terhadap Keputusan Pembelian Clear Shampoo Di Kota Denpasar. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 4(11), 3909–3935. Https://Www.Neliti.Com/Id/Publications/244169/Pengaruh-Celebrity-Endorser-Brand-Image-Brand-Trust-Terhadap-Keputusan-Pembelian

Merliani, N. N., Mangantar, M., & Arie, F. V. (2021). Analisis Celebrity Endorser Dalam Menarik Minat Beli Konsumen Pada Pengguna Media Sosial Instagram (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dam Bisnis Universitas Sam Ratulangi Manado). Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 9(2), 412–418. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.35794/Emba.V10i1.37977

Monicha, D., & Kusumawardhani, A. (2019). Analisis Pengaruh Pemasaran Media Sosial Dan Celebrity Endorser Terhadap Electronic Word Of Mouth Engagement Pada Minat Beli (Studi. Pada Kosmetik Wardah Di Semarang). DIPONEGORO JOURNAL OF MANAGEMENT, 8(3), 138–148. Http://Ejournal-S1.Undip.Ac.Id/Index.Php/Djom

Muchlishoh, Z., & Riswandari, N. (2023). Pengaruh Labeling Terhadap “Tasya Farasya Approved” Terhadap Minat Beli Produk Somethinc Calm Down Moisturizer Di E-Commerce (Pada Mahasiswi Ilmu Komunikasi Universitas Yudharta Pasuruan). Jurnal Ilmu Sosial, 4(9). Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.6578/Triwikrama.V4i9.5547

Murti, B. N., Sugiarto, Y., & Manajemen, J. (2014). Analisis Pengaruh Iklan Dan Celebrity Endorser Terhadap Citra Merek Dalam Meningkatkan Minat Beli Pada Produk Sepatu Olahraga Adidas (Studi Pada Warga Kelurahan Banyumanik, Kecamatan Banyumanik). Diponegoro Journal Of Management, 3(1). Http://Ejournal-S1.Undip.Ac.Id/Index.Php/Dbr

Purba, R. R., Wati, F., Studi, P., Universitas, M., & Mutiara Indonesia, S. (2021). Pengaruh Harga Dan Celebrity Endorser Terhadap Minat Beli Shampo Clear (Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Sari Mutiara Indonesia). Jurnal Ilmu Multidisiplin, 1(3). Https://Jayapanguspress.Penerbit.Org/Index.Php/Metta

Purwati, A., & Cahyanti, M. M. (2022). Pengaruh Brand Ambassador Dan Brand Image Terhadap Minat Beli Yang Berdampak Pada Keputusan Pembelian. Jurnal Ilmiah Ekonomi Kita, 11(1), 32–46. Https://Doi.Org/10.46367/Iqtishaduna.V11i1.526

Puspita Sari, N., & Sudarwanto, T. (2022). Pengaruh Celebrity Endorse Dan Brand Image Terhadap Minat Beli Konsumen Skincare Ms Glow (Studi Pada Konsumen Ms Glow Di Jawa Timur). Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi Dan Bisnis, 1(2), 25–40. Http://Ejurnal.Provisi.Ac.Id/Index.Php/JIMEB

Putri, R. M., Istiyanto, B., Tinggi, S., & Surakarta, I. E. (2021). Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Dan Celebrity Endorser Terhadap Minat Beli Produk Scarlett Whitening. Jurnal Ekobis Dewantara, 4(2), 78. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.26460/Ed_En.V4i2.2204

Putri, R., & Roostika, R. (2022). The Role Of Celebrity Endorser Toward Brand Attitude And Purchase Intention. International Journal Of Research In Business And Social Science (2147- 4478), 10(8), 68–75. Https://Doi.Org/10.20525/Ijrbs.V10i8.1489

Ramadhani, A., Br Sinulingga, N., Thamrin, H., Zulfikar Siregar, A., Islam Negeri Sumatera Utara, U., & Kunci, K. (2022). Dalihan Na Tolu Jurnal Hukum, Politik Dan Komunikasi Indonesia Meninjau Usaha Skincare Abal-Abal Perspektif Hukum Islam. Jurnal Hukum, Politik Dan Komunikasi Indonesia. Https://Jurnal.Seaninstitute.Or.Id/Index.Php/Jhui

Risdiana, Y. (2023). Pengaruh Daya Tarik Celebrity Endorser Terhadap Sikap Konsumen Pada Iklan Produk Kosmetik Korea (Studi Pada Merek The Face Shop Dan Nature Republic Di Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Brawijaya Malang). Https://Repository.Ub.Ac.Id/Id/Eprint/107286/

Rizqy Riyono, M., & Dwi Churniawan, A. I. (2016). Analisis Pengaruh Website Stikom Institutional Repositories (SIR) Pada Institut Bisnis Dan Informatika Stikom Surabaya. Jurnal Sistem Informasi Universitas Dinamika, 5(12).

Roshan, P. A. A., & Sudiksa, I. B. (2019). Peran Brand Image Memediasi Pengaruh Celebrity Endorser Terhadap Purchase Intention. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 8(8), 5164. Https://Doi.Org/10.24843/Ejmunud.2019.V08.I08.P17

Rustiani, D. (2022). Meningkatnya Minat Skincare Lokal Di Indonesia. Kumparan.Com. Https://Kumparan.Com/Dina-Rustiani/Meningkatnya-Minat-Skincare-Lokal-Di-Indonesia-1zsrqcbxgsr/3

Salam, A., & Abdiyanti, S. (2022). Analisis Pengaruh Celebrity Endorse, Brand Image Dan Brand Trust Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Konsumen Wanita Produk Skin Care Merek Ms Glow Di Kecamatan Sumbawa). Accounting And Management Journal, 6(1). Https://Pdfs.Semanticscholar.Org/A731/B28df1d80edcd7adf9c9087a03169a39eb2b.Pdf

Sampurno, N. V., Ciakrawinata, C. P., & Jokom, R. (2019). Pengaruh Karakteristik Selebriti Endorser Terhadap Minat Beli Melalui Kesadaran Merek Hotel Di Instagram. Jurnal Manajemen Perhotelan, 5(1), 36–44. Https://Doi.Org/10.9744/Jmp.5.1.36-44

Sanditya, R. (2019). Hubungan Celebrity Endorser Dengan Keputusan Pembelian Produk Pakaian Pada Konsumen Secara Online Di Media Sosial Instagram. Jurnalilmiah Psikologi, 7(1), 100–104. Https://E-Journals.Unmul.Ac.Id/Index.Php/Psikoneo/Article/View/4711

Sani Apriliani, & Dini Salmiyah Fithrah Ali. (2024). Impak Kredibilitas Dr. Richard Lee Sebagai Social Media Influencer Pada Brand Image Athena. Jurnal Teknologi Dan Komunikasi Digital, 16(2). Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.23917/Komuniti.V16i2.5534

Saputra, A. (2023, April). Richard Lee Bikin Kagum Para Dokter Luar Negeri, Dianggap Memberikan Pengaruh Positif. Liputan6. Https://Www.Liputan6.Com/Showbiz/Read/5254561/Richard-Lee-Bikin-Kagum-Para-Dokter-Luar-Negeri-Dianggap-Memberikan-Pengaruh-Positif

Sari, R. I. (2024). Pengaruh Sikap Terhadap Celebrity Endorse Dan Daya Tarik Celebrity Endorser Terhadap Minat Beli Hand And Body Lotion Nivea Di Kota Semarang. Jurnal Studi Manajemen Organisasi, 21(1), 31. Http://Ejournal.Undip.Ac.Id/Index.Php/Smo

Savitri, N. W. (2017). Pengaruh Celebrity Endorser Dan Iklan Melalui Media Televisi Terhadap Minat Beli Pada Tokopedia Di Denpasar. E-Jurnal Manajemen Unud, 6(8), 4214–4239. Https://Ojs.Unud.Ac.Id/Index.Php/Manajemen/Article/View/31098/19600

Setia Wibowo, B. (2016). Pengaruh Kreativitas Dalam Iklan, Reputasi Iklan Dan Waktu Penayangan Iklan Terhadap Perfektivitas Iklan Serta Dampaknya Terhadap Minat Pembelian Konsumen. Jurnal Bisnis Teori Dan Implementasi, 7(1). Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.18196/Jbti.V7i1.2546

Singh, J., Crisafulli, B., Quamina, L. T., & Xue, M. T. (2020). ‘To Trust Or Not To Trust’: The Impact Of Social Media Influencers On The Reputation Of Corporate Brands In Crisis. Journal Of Business Research, 119, 464–480. Https://Doi.Org/10.1016/J.Jbusres.2020.03.039

Sriningsih, M., Hatidja, D., & Prang, J. D. (2018). Penanganan Multikolinearitas Dengan Menggunakan Analisis Regresi Komponen Utama Pada Kasus Impor Beras Provinsi Sulut. Jurnal Ilmiah Sains, 18(1). Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.35799/Jis.18.1.2018.19396

Stephanie, E., Julivan Rumambi, L., & Sondang Kunto, Y. (2013). Analisa Pengaruh Rio Dewanto Dan Donita Sebagai Celebrity Endorser Terhadap Minat Beli Produk Axe Anarchy Dengan Daya Tarik Iklan Dan Efek Iklan Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Manajemen Pemasaran, 1(2), 1–9. Https://Www.Neliti.Com/Id/Publications/140469/Analisa-Pengaruh-Rio-Dewanto-Dan-Donita-Sebagai-Celebrity-Endorser-Terhadap-Mina

Studi, P. S., & Putra Bangsa Kebumen, S. (2020). Pengaruh Credibility Celebrity Endorse Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Brand Image Sebagai Variabel Intervening (Study Pada Produk Merek Wardah Dengan Tasya Farasya Sebagai Influence) Lilis Kholisoh. Www.Cermati.Com

Subastian, D. V., Retno P, D. A., Firsa, E., & Sanjaya, V. F. (2021). Pengaruh Harga, Kualitas Produk Dan Celebrity Endorser Raffi Ahmad Terhadap Minat Beli Produk Skincare Ms Glow. REVENUE: Jurnal Manajemen Bisnis Islam, 2(1), 1–10. Https://Doi.Org/10.24042/Revenue.V2i1.7691

Suhardi, D., & Irmayanti, R. (2019). Pengaruh Celebrity Endorser, Citra Merek, Dan Kepercayaan Merek Terhadap Minat Beli Konsumen. Jurnal Inspirasi Bisnis Dan Manajemen, 3(1), 2579–9312. Http://Jurnal.Unswagati.Ac.Id/Index.Php/Jibm

Sutanto, F. (2019). Pengaruh Karakteristik Celebrity Endorser Terhadap Minat Beli Produk Mister Cheesy.

Tambunan, A. S., & Parhusip, A. A. (2023). Pengaruh Brand Image Dan Celebrity Endorser Terhadap Minat Beli Produk Skincare Ms Glow. Jurnal Ilmiah Ekonomi Manajemen Akuntansi Dan Bisnis, 1. Https://Jurnal.Arkainstitute.Co.Id/Index.Php/Co-Creation/Index

Tambunan, S. A., & Parhusip, A. A. (2023). Pengaruh Brand Image Dan Celebrity Endorser Terhadap Minat Beli Produk. Jurnal Ilmiah Ekonomi Manajemen Akuntansi Dan Bisnis, 1(4). Https://Jurnal.Arkainstitute.Co.Id/Index.Php/Co-Creation/Index

Tjondrokoesoemo, M. (2017). Celebrity Endorser Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis, 2(3). Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.37715/Jp.V2i3.550

Utami, D. I. (2022). Pengaruh Daya Tarik Celebrity Endorse, Kredibilitas, Celebrity Endorser, Kreativitas Iklan Dan Kemenarikkan Pesan Iklan Terhadap Niat Beli Pengguna E-Commerce. Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis, 27(3), 391–402. Https://Doi.Org/10.35760/Eb.2022.V27i3.5950

Downloads

Published

2025-04-25

Issue

Section

Articles