Customer Retention Sebagai Mediasi Pengaruh Digital Marketing dan Customer Experience Terhadap Penggunaan Aplikasi Ruang Guru

Authors

  • Ahmad Zaki Universitas Pelita Bangsa
  • Jeni Puspita Universitas Pelita Bangsa
  • Siti Jahroh Universitas Pelita Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.59422/lbm.v2i02.477

Keywords:

Customer Retention, Customer Experience, Pengaruh Digital Marketing, Ruang Guru

Abstract

Penelitian ini bertujan untuk mengetahui pengaruh dari digital marketing dan customer experience yang di mediasi oleh customer retention penggunaan aplikasi terhadap aplikasi Ruang Guru. Populasi dalam penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 34 responden yang merupakan pengguna aplikasi Ruang Guru di Indonesia. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah teknik non probability sampling dengan purposive sampling dengan cara menyebar kuesioner penelitian menggunakan google formulir di media sosial, teman kerja dan mahasiswa. Metode pengolahan data menggunakan smartPLS dengan tujuan untuk menguji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa digital marketing terbukti tidak berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan penggunaan aplikasi, customer experience terbukti tidak berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan penggunaan aplikasi, customer retention terbukti signifikan dan tidak dapat memediasi atas pengaruh kualitas layanan terhadap keputusan penggunaan aplikasi. Penelitian ini merekomendasikan kepada pihak Ruangguru untuk meningkatkan pembelian, disarankan untuk dapat lebih menigkatkan keefektifan aplikasi supaya pelanggan mudah dalam menggunakan aplikasi ruangguru. Hal ini di karenakan beberapa pengguna aplikasi ruangguru kesulitan dalam memahami dan menggunakan fitur di Aplikasi Ruangguru. Aplikasi Ruangguru diharapkan supaya dapat mempertahankan citra merek dan kualitas layanan yang sudah cukup baik untuk mempertahankan atau meningkatkan keputusan pembelian pada aplikasi Ruang guru

References

Cepthiana, D. Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Tingkat Kepuasan Pelanggan Terhadap Layanan LinkAja Syariah Melalui Loyalitas Pelanggan Sebagai Variabel Intervening (Bachelor's thesis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis uin jakarta).

Eliska, E. (2021). Pengaruh Bauran Pemasaran Islami Terhadap Loyalitas Pelanggan Yang Dimediasi Oleh Kepuasan Pelanggan Pada 212 Mart Kota Banda Aceh (Doctoral dissertation, UIN Ar-Raniry).

Harto, B., Rozak, A., & Rukmana, A. Y. (2021). Strategi Marketing Belah Doeren Melalui Digital Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Dimediasi Brand Image. ATRABIS: Jurnal Administrasi Bisnis, 7(1), 67-74.

Khoziyah, S., & Lubis, E. E. (2021). Pengaruh Digital Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Followers Online Shop Instagram@ KPopConnection. Jurnal Ilmu Komunikasi (JKMS), 10(1), 39-50.

Patmawati, D. A., & Andjarwati, A. L. (2023). Peran pengalaman pelanggan dalam memediasi pengaruh kualitas layanan, citra perusahaan, dan harga terhadap loyalitas pelanggan PT. Pos Indonesia. Jurnal Ilmu Manajemen, 323-336.

Putri, P. M., & Marlien, R. A. (2022). Pengaruh Digital Marketing terhadap Keputusan Pembelian Online. Jesya (Jurnal Ekonomi Dan Ekonomi Syariah), 5(1), 25-36.

Rahmandika, M. D., & Rohman, F. (2022). Pengalaman Pelanggan, Ulasan Pelanggan Secara Daring, Dan Variasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Ulang. Jurnal Manajemen Pemasaran Dan Perilaku Konsumen, 1(1), 1-12.

Rahmawaty, P. (2015). Pengaruh Variasi Produk, Harga, Dan Customer Experience Terhadap Keputusan Pembelian Ulang Roti Breadtalk Yogyakarta. Jurnal Ilmu Manajemen, 12(1), 89-98.

Wibowo, A. F., Wulandari, J., & Nugeraha, P. (2021). Pengalaman Pelanggan, Reference Group, Persepsi Harga Dalam Keputusan Pembelian Produk Etnik Fashion. Jurnal Perspektif Bisnis, 4(1), 38-50.

Downloads

Published

2024-07-31

Issue

Section

Articles