Peran Psikologi Komunikasi dalam Meningkatkan Brand Equity dan Loyalitas Pelanggan Melalui Analisis SWOT (Studi Kasus pada PT. Berkah Bermain Bersama)

Authors

  • Surya Aditya Universitas Islam Malang
  • Mohamad Bastomi Universitas Islam Malang

DOI:

https://doi.org/10.59422/lbm.v2i03.437

Keywords:

Psikologi komunikasi, brand equity, customer loyalty, Analisis SWOT

Abstract

Penelitian ini berfokus pada bagaimana psikologi komunikasi berperan dalam meningkatkan nilai merek (brand equity) dan loyalitas pelanggan di PT. Berkah Bermain Bersama. Tujuan utama penelitian ini adalah mengevaluasi efektivitas penggunaan psikologi komunikasi dalam pemasaran produk perusahaan. Metode analisis yang digunakan adalah analisis SWOT, yang memungkinkan pembahasan mendalam mengenai kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman di perusahaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan psikologi komunikasi oleh PT. Berkah Bermain Bersama memberikan manfaat yang signifikan dalam meningkatkan brand equity dan loyalitas pelanggan, serta dalam memahami pasar. Namun, masih ada beberapa tantangan yang perlu diatasi, seperti persaingan yang intens, kurangnya konsistensi dalam strategi, dan perubahan tren pasar yang cepat. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi evaluasi strategi dalam menerapkan psikologi komunikasi pada bisnis, terutama dalam sektor game digital. Dengan demikian, UMKM dan perusahaan sejenis dapat lebih baik menganalisis strategi psikologi komunikasi yang mereka terapkan untuk meningkatkan nilai jual dan loyalitas pelanggan.

References

Anisah, N., Padillah, S. P., Barus, P., Sepriandito, R., Rusdi, M., Hasibuan, R. B., & Kustiawan, W. (2022). Psikologi komunikasi. JIKEM: Jurnal Ilmu Komputer, Ekonomi dan Manajemen, 2(1), 1705-1715.

Ayuningtyas, E., Santoso, B., & Winahyu, P. (2023). Analisis Loyalitas Pelanggan Berdasarkan Diversifikasi Produk, Harga, Dan Kepuasan Pelanggan (Studi Empiris Loyalitas Pelanggan Pada Mie Apong Sampurna Gebang Jember). Jurnal Mahasiswa Kewirausahaan (JME) , 2 (1), 99-114.

Azhary, M. R., Agung, M., Prahaski, N., Ulin, T. T., & Suhairi, S. (2023). Strategi dan Peran Komunikasi Bisnis Dalam Upaya Meningkatkan Minat Beli Konsumen di Era Digital. Inisiatif: Jurnal Ekonomi, Akuntansi Dan Manajemen, 2(4), 356-364.

Fakhrudin, A., & Yudianto, K. (2021). Pengaruh brand equity (ekuitas merek) maskapai garuda indonesia terhadap loyalitas penumpang. Inovasi: Jurnal Ekonomi, Keuangan, dan Manajemen, 17(4), 690-700.

Maisaroh, R., & Nurhidayati, M. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Loyalitas Konsumen Toko Stars Madiun 2. Niqosiya: Journal of Economics and Business Research, 1(2), 197-216.

Manus, B., Soegoto, A. S., & Rogi, M. H. (2023). ANALISIS PENGARUH KEPUASAN KONSUMEN, KEPERCAYAAN, DAN REPUTASI PERUSAHAAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN SHOPEE

BITUNG. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 11(4), 748-757.

NURFADILAH, D. F. (2023). HUBUNGAN BRAND EQUITY DAN KEPUASAN KONSUMEN DENGAN MINAT PEMBELIAN ULANG SUSU ULTRA HIGH TEMPERATURE MEREK ULTRA MILK DI GARUT JAWA

BARAT (Doctoral dissertation, Universitas Siliwangi).

Nurhariza, F., & Mumtahanah, R. (2023). Peran Psikologi Komunikasi Dalam Membantu Meningkatkan Kemampuan Public Speaking Mahasiswa. Tarbiyah: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pengajaran, 2(1), 167- 172.

Sari, R. N., & Sanusi, N. (2023). Penerapan Psikologi Komunikasi dalam Mengatasi Gangguan Kesehatan Mental pada Generasi Milenial. Buana Komunikasi (Jurnal Penelitian dan Studi Ilmu Komunikasi), 4(1), 34-43.

Silaban, B. E., & Angellista, F. (2021). ANALISIS ELEMEN-ELEMEN BRAND EQUITY PADA SINETRON DUNIA TERBALIK.

Sofyan, J. F., Kristin, I., & Kustiawan, U. (2022). Pengaruh kepuasaan pelanggan, kualitas layanan dan promosi di sosial media yang dimediasi oleh komitmen dan kepercayaan terhadap loyalitas pelanggan Traveloka. Jurnal Kajian Manajemen Bisnis, 11(2), 125-140.

Tyas, S. P., Azzahra, N., Ifada, B. M., & Fajarwati, N. K. (2024). Peran Komunikasi Persuasif Dalam Media Sosial. SABER: Jurnal Teknik Informatika, Sains dan Ilmu Komunikasi, 2(2), 16-22.

Wicaksono, D. A. (2022). Faktor–Faktor Yang Mempengaruhi Loyalitas Pelanggan (Suatu Kajian Teoritis). ULIL ALBAB: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(3), 504-509.

Yanti, F. (2021). Psikologi Komunikasi. IKAPI : Lampung.

Downloads

Published

2024-08-30