Efisiensi dan Efektivitas Pengembangan Bisnis Melalui Pendekatan Business Model Canvas (BMC) dan Analisis SWOT

Authors

  • Sattya Attika Zildjian Khrisna Amour Universitas Islam Malang
  • Siti Fatimatusalwa Universitas Islam Malang
  • Mohamad Bastomi Universitas Islam Malang

DOI:

https://doi.org/10.59422/lbm.v2i03.436

Keywords:

Pengembangan Bisnis, Efisiensi, Efektivitas, Business Model Canvas, SWOT

Abstract

Artikel ini membahas  Efisiensi dan Efektivitas Pengembangan Bisnis Melalui Pendekatan Business Model Canvas (BMC) dan Analisis SWOT (Studi Kasus Pada Sego Sambel Apel Malang). Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bisnis yang terdapat pada  usaha Sego Sambal Apel di wilayah Malang melalui pendekatan Business Model Canvas dan Analisis SWOT. Metode penelitian yang kami gunakan dalam pembuatan artikel ini adalah penelitian kualitatif melalui pendekatan studi kasus dengan Business Model Canvas (BMC) dan analisis SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, dan Threat). Dalam penelitian ini terdapat dua jenis data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Dalam artikel ini diharapkan dapat memberikan pemahaman tentang bagaimana mengembangkan bisnis secara efisien dan efektif dengan cara menggunakan strategi yang dapat meningkatkan usaha dalam bisnis tersebut sehingga mengetahui peluang untung serta kelemahan dalam bisnis.

References

Alexandro, R., Putri, W. U., & Nurmawati, Y. (2020). Analisis Swot pada Pemasaran Batik Benang Bintik Lestari Indah Palangka Raya. Ekuitas: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 8(1), 71-79.

Anisah, K., Farida, E., & Bastomi, M. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan Dan Promosi Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Soto Seger Rempah Warung Sahabat Muda Malang. E-JRM: Elektronik Jurnal Riset Manajemen, 12(02).

Bastomi, M., & Sholehuddin, S. (2022). Peningkatan Penjualan Produk Industri Kreatif Melalui Pelatihan Packaging dan Packing di RW 01 Kelurahan kedungkandang Kota Malang. RESWARA: Jurnal Pengabdian kepada masyarakat, 3(2), 434-441.

Bastomi, M., Fadila, I., Nu’man, M. S., Putri, H. E., Zahro, A., Syamsudin, M. N., ... & Hakim, T. (2022). Peningkatan Daya Saing Kopi Dengan Strategi Kemasan Dan Pemasaran Di Dusun Borojabung. DINAMIS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 1-6.

Dakhi, P., Buulolo, P., & Harita, T. (2022). ANALISIS SWOT TERHADAP USAHA TOKO IMELDA PONSEL TELUKDALAM NIAS SELATAN. BALANCE: Jurnal Riset Akuntansi dan Bisinis, 5(1), 30-41.

Erica, D., Hoiriah, H., & Vidada, I. A. (2022). Analisa SWOT dengan Matriks IFE & EFE pada Tokopedia. Jurnal Orientasi Bisnis dan Entrepreneurship (JOBS), 3(2), 64-73.

Massepe, A. N. B. (2017). Modul Pelatihan Business Model Canvas. Makassar: Unit Pengembangan Kewirausahaan dan Bisnis Universitas Hasanuddin dan Inkubator Bisnis UNHAS.

Prabowo, I. D. P., Lestariningsih, T., & Mau, D. P. (2024). KULINER LOKAL SEBAGAI DAYA TARIK KOTA MALANG. Jurnal Industri Pariwisata, 6(2), 143-146.

Pratama, A. E., & Yuana, P. (2022). Analisis Pengembangan Bisnis Dengan Menggunakan BMC (Business Model Canvas). Jurnal Kewirausahaan Dan Inovasi, 1(2), 163-169.

Puspitasari, I., Al Ghonia, N., Faiza, N., Khumairoh, A., Aminin, M. L., Ningrum, T. P., & Kartika, L. (2024). Perancangan Strategi Bisnis Dengan Analisis Swot dan Business Model Canvas (Bmc) Pada UKM XYZ. Trending: Jurnal Manajemen dan Ekonomi, 2(3), 210-226.

Putri, I. L. A., & Alam, M. D. (2023). Sosialisasi Penentuan Keuntungan Usaha pada UMKM F&B (Food & Beverage) di Kota Malang. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Nusantara, 4(5), 343-347.

Rahayu, V. P., Astuti, R. F., Mustangin, M., & Sandy, A. T. (2022). Analisis SWOT dan Business Model Canvas (BMC) Sebagai Solusi dalam Menentukan Strategi Pengembangan Usaha Kuliner. International Journal of Community Service Learning, 6(1), 112-121.

Ratnasari, D. (2015). Analisis SWOT Dan Penerapan Business Model Canvas Pada UD. X, UKM Pembuat Minuman Beralkohol (Doctoral dissertation, Institut Teknologi Sepuluh Nopember).

Shafaro, E. (2022). Analisis Swot Dan Bmc Sebagai Strategi Meningkatkan Daya Saing Pada Bisnis Usaha Tempe Keripik (Studi Kasus: Umkm Tempe Keripik Mbak Shanti) (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Sukarno, B. R., & Ahsan, M. (2021). Implementasi Strategi Pengembangan Bisnis Dengan Business Model Canvas. Jurnal Manajemen Dan Inovasi (MANOVA), 4(2), 51-61.

Wardana, M. H., & Sitania, F. D. (2023). Strategi Pengembangan Bisnis Melalui Pendekatan Business Model Canvas pada Kedai Kabur Bontang. Jurnal Teknik Industri (JATRI), 1(1), 10-17.

Downloads

Published

2024-09-05