Pengaruh Komunikasi Interpersonal dan Kecerdasan Emosional terhadap Kinerja Karyawan

Authors

  • Puja Ayu Wati Universitas Pelita Bangsa
  • Yuan Badrianto Universitas Pelita Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.59422/lbm.v1i01.18

Keywords:

komunikasi interpersonal, kecerdasan emosional, kinerja karyawan

Abstract

Perkembangan sektor retail dalam negeri mengalami kemajuan yang sangat pesat dari waktu  ke waktu yang ditandai dengan munculnya banyak perusahaan-perusahaan baru dan secara otomatis mengakibatkan timbulnya persaingan yang ketat dalam dunia usaha. Untuk mencapai komunikasi yang efektif pada sebuah perusahaan, tentunya harus dilandasi dengan memiliki sumber daya manusia yang juga berkualitas Komunikasi Interpersonal memelihara motivasi sementara kecerdasan emosional adalah hal lain yang mempengaruhi untuk mencapai kinerja yang maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh komunikasi. Data penelitian ini menggunakan sampel yang berjumlah 53 karyawan Pt. Matahari Putra Prima Tbk selama periode Juni dengan menggunakan metode non probability sampling. Metode analisis data yang digunakan adalah regresi linier sederhana untuk membuktikan hipotesis penelitian. Data yang telah memenuhi uji validitas, uji reliabilitas serta uji asumsi klasik kemudian diolah untuk mendapatkan persamaan regresi. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa komunikasi Interpersonal dapat mempengaruhi kinerja karyawan, kecerdasan Emosional dapat mempengaruhi kinerja karyawan.

References

Anindita, P. (2021). Pengaruh Komunikasi Interpersonal, Kecerdasan Emosional, dan Perceived Organizational Support terhadap Kinerja Pegawai (Studi pada PNS di Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup Kabupaten Kebumen) (Doctoral dissertation, Universitas Putra Bangsa).

Devito, Joseph A. 2011. Komunikasi Antar Manusia. Pamulang-Tangerang Selatan: Karisma Publishing Group.

Ekhsan, M., Badrianto, Y., Juariah, S., & Astuti, D. (2023). Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Siswa Melalui Pelatihan Talent Management untuk Karir Sukses di Industri. Lentera Pengabdian, 1(03), 293-298.

Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate dengan SPSS. Semarang: Universitas Diponegoro.

Goleman, Daniel. (2009). Emotional Intelligence: Kecerdasan Emosional, Mengapa EI Lebih Penting dari IQ. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Goleman, Daniel. 2005. Working With Emotional Intelligence. Terjemahan Alex Tri Kantjono W. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Gumay, A. Syifa dan Seno, Agus H.D. 2018. Pengaruh Komunikasi Interpersonal dan Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Karyawan: Studi Kasus PT. Euro Management Indonesia Jurnal. Administrasi Bisnis.Vol. 7 No. 02

Hutagalung, I. (2014). Pengaruh kecerdasan emosional, komunikasi interpersonal, komitmen organisasi terhadap manajemen stres kerja. Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(2), 103-111.

Lamirin, L. (2020). Pengaruh Komunikasi Interpersonal Dan Kecerdasan Emosional Terhadap Kinerja Pengurus Vihara Dharmakirti Di Kota Palembang. Jurnal Pendidikan Buddha dan Isu Sosial Kontemporer (JPBISK), 2(1), 9-21.

Putra, E. A. S. (2020). pengaruh komunikasi interpersonal dan kecerdasan emosional terhapa kinerja karyawan merak avian tasikmalaya (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta).

Risma, D. (2012). Pengaruh kecerdasan emosional terhadap kinerja karyawan: Penelitian eksperimen. Jurnal Educhild: Pendidikan dan Sosial, 1(1), 86-97.

Sabuhari, R., Thahrim, M., Kamis, R. A., & Sofyan, U. (2021). Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Komunikasi Interpersonal terhadap Kinerja Karyawan PT. PLN (Persero) Cabang Ternate. Jurnal Manajemen STIE Muhammadiyah Palopo, 7(2), 101-112.

Downloads

Published

2023-08-31