Pengaruh Persepsi Kemudahan, Persepsi Manfaat, Gaya Hidup dan Literasi Keuangan Digital Terhadap Keputusan Penggunaan QRIS pada Generasi Muda

Authors

  • Dina Ramadhan Universitas Gunadarma
  • Hendri Rahmayani Asri Universitas Gunadarma
  • Hantoro Arief Gisijanto Universitas Gunadarma
  • Nenik Diah Hartanti Universitas Gunadarma
  • Ekaning Setyarini Universitas Gunadarma

DOI:

https://doi.org/10.59422/lbm.v1i04.168

Keywords:

Gaya hidup, Literasi keuangan digital, Persepsi kemudahan, Persepsi manfaat, Keputusan penggunaan.

Abstract

Perkembangan teknologi terutama di bidang keuangan telah merubah kebiasaan masyarakat pada proses transaksi tunai menjadi non tunai. Pemerintahpun  melakukan kampaye Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT)  dengan menciptakan budaya less cash society. Salah satunya dengan menciptakan Quick Response Code Indonesian Standard(QRIS) QRIS  Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh persepsi kemudahan, persepsi manfaat, gaya hidup, dan literasi keuangan digital  terhadap keputusan penggunaan QRIS pada generasi muda di Jabodetabek. Data primer digunakan dalam penelitian ini adalah data yang dikumpulkan dari  115 orang responden yaitu masyarakat yang pernah atau masih menggunakan QRIS. Metode pengambilan sampel pada penelitian ini adalah non-probability sampling dengan teknik purposive sampling. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi berganda dengan alat bantu pengujian yaitu SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa  persepsi kemudahan penggunaan, persepsi manfaat, gaya hidup dan  literasi keuangan berpengaruh terhadap keputusan penggunaan QRIS.

References

Adinda., M. (2022). ). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Gen-Z Dalam Penggunaan Quick Response Code Indonesian Standard (Qris) Sebagai Teknologi Pembayaran Digital.,. Contemporary Studies in Economic, Finance and Banking, 1(1).

Al-Dmour, R., Dawood, A. E., Al-Dmour, H., & Masa'deh, R. (2020). The effect of customer lifestyle patterns on the use of mobile banking applications in Jordan International. Journal of Electronic marketing and Retailing. 11(3), 239-258.

Altwairesh, R., & Aloud, M. (2021). Mobile payments from merchants’ perspective: An empirical study using the TAM model in Saudi Arabia. International Journal of Computer Science and Network Security, 21 (8), 317-326.

Assael. (2005). Consument Behavior and Marketing Action, 3th edision. Boston Massachuset, AS: kent Publishing Company.

Aulia, A., Rahayu, R., & Bahari, A. (2023). The Influence Of Digital Financial Literacy On Financial Well-Being With Financial Behavior As A Moderation Variable: Communities In West Sumatra ,. Jurnal Akuntansi, 13 (2) June,ISSN 2303-0356,https://doi.org/10.33369/jakuntansi.13.2, 141-149.

Cole, S., Sampson, T., & Zia, B. (2011). Prices or Knowledge? What drives demand for Financial Services in Emerging market? Journal of Finance, vol.66 (6),DOI: 10.1111/j.1540-6261.2011.01696.x , 1933-1967.

Dayan, M. T. (2020). Pengaruh persepsi Konsumen, Gaya Hidup, dan Kepercayaan terhadap Penggunaan Aplikasi Pembayaran Digital . TRANSAKSI, vol. 12 (1), 40-50.

de Luna, F. I., Liebiana-Cabbanials, F., Sanchez-Fernandez, J., & Munoz-Leiva, F. (2019). Mobile payment is not all the same: The adoption of mobile payment systems depending on the technology applied. Technologichal Forecasting and Social Change 146, 931-944.

Eyuboglu, K., & Ugur, S. (2016). Determinant Of Concumers’ Adoption To Shopping With QR code In Turkey.,. The Journal of International Social Research, 9 (43), 1830-1830.

Gao, S., & Guo, H. (2021). An empirical study on users’ continuous usage intention of QR code mobile payment services in China. International Journal of E_Adoption (IJEA), vol. 10 (1), 18-33.

Jogiyanto. (2007). Sistem Informasi Keperilakuan, edisi Revisi. Yogyakarta: Andi Offset.

Najib, M., & Fahma, F. (2020). Investigating the adoption of digital payment system through an extended technology acceptance model: An insight from the Indonesian small and medium enterprises,. International Journal on Advanced Science, Engineering and Information Technology, 10(4), 1702-1708.

Noor, M., Fourqoniah, F., & Aransyah, M. (2020). The Investigation of financial inclusions, financial literation, and financial technology in Indonesia. Jurnal Perspektif Pembiayaan dan Pembangunan Daerah, 8 (3).

Poi Mun, Y., Khalid, H., & Nadarajah, D. (2017). Millennials’ Perception on Mobile Payment Services in Malaysia. Procedia Computer Science, 124. https://doi.org/10.1016/j.procs.2017.12.170, 397-404.

Rismalia, R., & Sugiyanto, S. (2022). Pengaruh Persepsi Kemudahan, Persepsi Manfaat Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Penggunaan Uang Elektronik Dengan Sikap Sebagai Variabel Intervening Pada Pengguna Dana Di Universitas Esa Unggul. Jurnal SINOMIKA: Publikasi Ilmiah Bidang Ekonomi dan Akuntansi, 1(3), 561-588.

Tenggino, D., & Mauritsius, T. (2022). Evalutation Of Factors Affecting Intention To Use QRIS Payment. ICIC Express Letters International, 16 (4), 343-349.

Tew, T. H., Tan, M. X., Loh, -H. V., Lee, -L. W., & Ooi, -B. K. (2021). Tapping the Next Purchase: Embracing the Wave of Mobile Payment. Journal of Computer Information Systems, 62 (3), 527-535.

User behaviour in QR mobile payment system : The QR Payment Acceptance model. (2015). Technology Analysis & Strategy Management, 27 (9), 1031-1049.

Van Rooij, Lusardi, M., & Alessie, R. (2012). Finacial Leteracy, Retirement Planning and Household Wealth. The Economic Journals, 122 (560),DOI: 10.1111/j.1468- 0297.2012.02501 , 449-478.

Wardhani, R., Arkeman, Y., & Ermawati, W. (2023). The Impact of Quick Response Adoption of Payment Code on MSMEs’ Financial Performance in Indonesia. International of Social Service and Research (IJSR), 3 (3), 869–878.

Yan, -Y. L., Tan, -H. G., Loh, X. M., Hew, -J. J., & Ooi, -B. K. (2021). QR code and mobile payment: The disruptive forces in retail. Journal of Retailing and Consumer Services, 58, 1-9.

Yu., C. (2015). Using E-Lifestyle to Analyze Mobile Banking Adopters and Non-Adopters. Jpurnal of Global Information technology management, 18 issue 3, 188-213.

Zottel, S., Perotti, V., & Bolaji-Adio, A. (2013). Financial capability surveys around the World: Why financial capability is important and how surveys can help. The Word Bank no.80767, 1-8.

Downloads

Published

2023-11-30