Analisis Experiential Marketing dan Service Quality terhadap Customer Satisfaction serta Dampaknya pada Customer Loyalty

Authors

  • Rita Rita Universitas Bina Nusantara
  • Yudianto Yudianto Universitas Bina Nusantara

DOI:

https://doi.org/10.59422/lbm.v1i01.16

Keywords:

experiental marketing, service quality, customer satisfaction, customer loyalty

Abstract

Tujuan penelitian, ialah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Experiential Marketing dan Service Quality terhadap Customer Satisfaction serta dampaknya pada Customer Loyalty nasabah. Dan hasil dari penilitian ini dapat di jadikan masukan untuk perusahaan agar lebih lebih baik di masa yang akan datang. Metode penelitian analisis ini adalah kuantitatif dan dengan teknik pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh, dengan subjek penelitian 80 responden yang terdiri dari 37 laki-laki dan 43 perempuan. Kemudian subjek dianalisa dengan metode path analysis yang diolah datanya menggunakan SPSS 22. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya pengaruh signifikan antara variabel Experiental Marketing dan Service Quality memiliki pengaruh terhadap variabel Customer Satisfation serta dampaknya pada Customer Loyalty. Yang berarti apabila variabel Experiental Marketing dan Service Quality mengalami peningkatan maka variabel Customer Satisfation akan mengalami peningkatan dan begitu juga variabel Customer Loyalty.

References

Aeny, N., Eksan, M., & Tanjung, A. (2019). The effect of service price and quality on customer satisfaction online transportation services. Journal of Research in Business, Economics, and Education, 1(1).

Aulawi, H., Govindaraju, R., Suryadi, K., & Sudirman, I. (2009). hubungan knowledge sharing behavior dan individual innovation capability, 11(2), 174–187.

Etikan, I., Musa, S. A., & Alkassim, R. S. (2016). Comparison of Convenience Sampling and Purposive Sampling. American Journal of Theoretical and Applied Statistics, 5(1), 1–4. https://doi.org/10.11648/j.ajtas.20160501.11

Rubogora Felix (2017). Service Quality and Customer Satisfaction in Selected Banks in Rwanda. Journal of Business & Financial Affairs, 6(1), DOI: 10.4172/2167-0234.1000246

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25 (9th ed.). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Griffin, Jill (2005), Customer loyalty: Menumbuhkan dan Mempertahankan Kesetiaan Pelanggan, Edisi Revisi dan Terbaru, Jakarta: Erlangga

Khan, M. M., & Fasih, M. (2014). Impact of Service Quality on Customer Satisfaction and Customer Loyalty: Evidence from Banking Sector. Pakistan Journal of Commerce and Social Sciences, 8(2), 331–354.

Kotler, Philip. and K.L. Keller. (2016). Marketing Management, 15th Edition. New Jersey: Pearson Education, Inc.

Kristanto, H. (2015). Keadilan organisasional, komitmen organisasional, dan kinerja karyawan, 17(1), 86–98. https://doi.org/10.9744/jmk.17.1.86

Lepp, A., Barkley, J. E., & Karpinski, A. C. (2013). The Relationship Between Cell Phone Use, Academic Performance, Anxiety, and Stisfaction with Life in College Students. Computers in Human Behavior, 346.

Lupiyoadi, Rambat. (2013). Manajemen Pemasaran Jasa Berbasis Kompetensi. Jakarta,Salemba Empat.

Nugroho, B. S., Djuniadi, & Rusilowati, A. (2016). Journal of Educational Research and Evaluation, 5(1), 1–7.

Nurcahyo, B. (2016). The $ Role $ of $ Cu stomer ’ Satisfaction ’ in ’ a ’ Relation ’ of ’ Experiential ’ Marketing * and * Customer * Loyalty ), 3(1), 78–89.

Ichwan Noer Syahadat. (2018). Pengaruh experiential marketing sebagai strategi pemasaran pada starbucks coffee terhadap keputusan pembelian ( studi kasus pada konsumen starbucks coffee di bandung ) the effect of experiential marketing as a marketing strategy on coffee starbucks on pur, 4(1), 42–62.

Indriani, A. R., Wilopo, & Pangestuti, E. (2016). Pengaruh experiential marketing terhadap kepuasan dan loyalitas pengunjung ( studi pada jawa timur park 2 kota batu ), 37(2), 113–120.

Oeyono, J., & Dharmayanti, D. (2013). Analisa Pengaruh Experiential Marketing Terhadap Intervening Variabel Di Tator Cafe Surabaya Town Square. Jurnal Manajemen Pemasaran, 1(2), 1–9.

Paul, J., Mittal, A., & Srivastav, G. (2016). Impact of service quality on customer satisfaction in private and public sector banks. International Journal of Bank Marketing, 34(5), 606–622. https://doi.org/10.1108/IJBM-03-2015-0030

Peter, J. Paul dan Olson, Jerry C. (2010). Consumer Behaviour and Marketing Strategy 9th ed. Mc Graw Hill: New York, USA.

Pratminingsih, S. A., Astuty, E., & Widyatami, K. (2018). increasing customer loyalty of ethnic restaurant through experiential marketing and service quality, 21(3), 1–11.

Riduwan, & Kuncoro, E. A. (2008). Cara Menggunakan dan Memaknai Path Analysis (Analisis Jalur). Bandung: Alfabeta.

Saleem, H., & Sarfraz Raja, N. (2014). The Impact of Service Quality on Customer Satisfaction, Customer Loyalty and Brand Image: Evidence from Hotel Industry of Pakistan. Middle-East Journal of Scientific Research, 19(5), 706–711. https://doi.org/10.5829/idosi.mejsr.2014.19.5.21018

Sungkawa, I. (2009). Penditeksian Pencilan (Outlier) dan Residual Pada Regresi Linier. Jurusan Statistika Fakultas Sains Dan Teknologi, Universitas Bina Nusantara Jakarta, 18(2), 95–105.

Surtinah, W., & Ekhsan, M. (2020). Customer Relationship Management dan Kepuasan Konsumen Pada Restaurant di Jakarta. Journal of Industrial Engineering & Management Research, 1(2), 50-56.

Yongmei Xu, Xiaowen Ye, F. Z. (2013). Customer satisfaction. https://doi.org/10.1108/09526860610642573

Downloads

Published

2023-05-20

Issue

Section

Articles