Pengaruh Emotional Brand Attachment terhadap Brand Love dan Brand Loyalty pada Produk Kosmetik Merek Wardah

Authors

  • Nuraeni Nuraeni Universitas Yudharta Pasuruan
  • Khoirul Huda Universitas Yudharta Pasuruan
  • Istiqomatus Shofiyah Universitas Yudharta Pasuruan

Keywords:

emotional brand attachment, brand love, brand loyalty

Abstract

Di era persaingan bisnis saat ini sangat dibutuhkan bagi perusahaan memahami perilaku konsumen. Dengan memahami perilaku konsumen perusahaan dapat menerapkan kebijakan strategi pemasaran maka dari itu diperlukan bagi perusahaan untuk menciptakan perasaat terikat secara emotional pada diri konsumen sehingga menimbilkan perasaan cinta terhadap merek dan dapat mengarah pada kesetiaan pelanggan. untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui serta mngukur seberapa besar pengaruh emotional brand attachment terhadap brand love dan brand loyalty. Penelitian ini dilakukan pada pengguna atau konsumen produk wardah. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan aplikasi Partial Least Square(WarpPLS 7.0). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa adanya pengaruh positif signifikan kuat antara variabel emotional brand attachment terhadap brand love, dan variabel emotional brand attachment terhadap brand loyalty menunjukkan hasil positif tidak signifikan. Dan antara variabel brand love terhadap brand loyalty menunjukan hasil positif signifikan kuat.

References

Brand Loyalty (Studi Pada Pemilik Membership Card Oryza Gym Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 9(2), 50-59.

Dewita, Icha Caesarni. 2019. Pengaruh Emotional Brand Attachment Terhadap Consumer-Based Brand Equity Dengan Consumer Satisfaction Sebagai Mediator (Studi Pada Konsumen Produk Brand Apple). Jurnal Ekonomi, 21.1: 60-73.

Devi, D., Margaretha, F., & Arafah, W. 2023. Pengaruh Brand Love Pada Brand Loyalty Melalui Self-Esteem Dan Brand Trust. Seiko: Journal Of Management & Business, 6(1), 327-344.

Fonny, A., & Tandijaya, T. N. B. 2022. Pengaruh Brand Attachment Terhadap Repurchase Intention Dengan Brand Commitment Sebagai Variabel Intervening Pada Customer Crunchaus Salads. Jurnal Manajemen Pemasaran, 16(1), 37-47.

Ghorbanzadeh, Davood, And Atena Rahehagh. 2021. Emotional Brand Attachment And Brand Love: The Emotional Bridges In The Process Of Transition From Satisfaction To Loyalty. Rajagiri Management Journal 15.1: 16-38.

Hajjid, I., Soetomo, H., Kristaung, R., & Susanto, A. 2022. Empirical Testing Of Emotional Brand Attachment And Brand Love Mediation Between Brand Satisfaction And Brand Loyalty. International Journal Of Digital Entrepreneurship And Business (Ideb). 49-50.

Purwanto, E., & AR, M. M. S. (2022). Pengaruh Satisfaction, Brand Love terhadap Brand Loyalty dan Word of Mouth. Jurnal Manajemen Strategi Dan Aplikasi Bisnis, 5(1), 17-32.

Yurindera, N. 2022. Pengaruh Brand Attachment Terhadap Repurchase Intention Pada Kopi Kenangan Dengan Brand Commitment Dan Brand Loyalty Sebagai Variabel Intervening. Eqien-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 11(04), 208-216.

Downloads

Published

2023-08-31