Penilaian Kualitas Jasa Pelayanan Lembaga Bimbingan Belajar Primagama Berdasarkan Preferensi Konsumen (Studi Kasus: Primagama Cabang Binjai)

Authors

  • Ali Ramadhan Universitas Tjut Nyak Dhien
  • Ahmad Nadhira Universitas Tjut Nyak Dhien
  • Yunida Berliana Universitas Tjut Nyak Dhien
  • Razali Razali Universitas Tjut Nyak Dhien

Keywords:

Konsumen, Kualitas, Pelayanan, Prioritas, Primagrama

Abstract

PRIMAGAMA   merupakan   bimbingan   belajar   bagi   siswa-siswi   SMA   atau   sederajat untuk mencapai kelulusan dan dapat melanjutkan studinya keperguruan tinggi   yang dikehendakinya. Banyaknya lembaga pendidikan yang bermunculan saat ini, menjadikan acuan bagi PRIMAGAMA   untuk   meningkatkan   mutu   pelayanan   agar   sesuai   dengan   harapan konsumen (siswa didik). Untuk Itu perlu dilakukan penilaian terhadap kualitas jasa pelayanan pada LBB tersebut. Penilaian kualitas jasa pelayanan dimaksudkan untuk menentukan atribut kualitas jasa berdasarkan pada tingkat kepentingan konsumen terhadap atribut kualitas jasa tersebut dan tingkat kepuasan konsumen terhadap kualitas atribut jasa   pelayanan   tersebut. Metode Servperf dapat digunakan untuk memilah nilai kualitas jasa pelayanan sehingga dapat digunakan untuk menentukan pioritas penanganannya.

References

Marzuki. 2002. Metodologi Riset. Yogyakarta: BPFE-UII.

Nasution, M.N. 2001. Manajemen Mutu Terpadu (Total Quality Management). Jakarta: Ghalia Indonesia.

Prayitno, T. 2003. Analisa Perencanaan dan Pengembangan Produk dengan Metode QFD dan Ditinjau dari Aspek Ergonomi. Surakarta: Teknik Industri UMS.

Raya, D.P. 2004. Evaluasi Kepuasan Konsumen terhadap Kualitas Produk Almari dengan Menggunakan Metode Quality Function Deployment (QFD). Surakarta: Teknik Industri UMS.

Sallis, E. 2006. Total Quality Manajemen In Education: Manajemen Mutu Pendidikan.

Yogyakarta: IRCiSoD.

Sugiyono. 1994. Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta.

Sutanto, Y., Singgih, M., Pawitra, T. 2004. Peningkatan Kualitas Layanan di RSUD XX. Surabaya: Teknik Industri Universitas Surabaya.

Umar, H. 1999. Metodologi Penelitian Aplikasi dalam Pemasaran. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Downloads

Published

2023-08-10