Penerapan Media Flash Card dan Game Terhadap Peningkatkan Hasil Belajar Bahasa Inggris Kelas 3 SD

Authors

  • Nabila Azzahra Chandra Universitas Pelita Bangsa
  • Nur Atika Safitri Universitas Pelita Bangsa
  • Robiatul Adawiah Universitas Pelita Bangsa
  • Dinar Sulis Al Saepi Universitas Pelita Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.59422/djpl.v2i07.991

Keywords:

Media Flash Card, Hasil Belajar, Bahasa Inggris

Abstract

Pelaksanaan kegiatan ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan Bahasa Inggris siswa kelas 3 Sekolah Dasar dengan memanfaatkan media flash card dan permainan edukatif. Proses pelaksanaan melibatkan observasi serta pelaksanaan pre test dan post test sebagai alat ukur efektivitas. Berdasarkan hasil pengukuran awal atau pre-tes, rata-rata capaian siswa berada pada angka yang kemudian meningkat menjadi 94,4% setelah pembelajaran. Kenaikan ini menunjukkan bahwa pemanfaatan pemanfaatan media interaktif dalam pembelajaran dapat membantu siswa lebih memahami materi Bahasa Inggris dengan cara yang lebih menyenangkan. Program ini juga menjadi salah satu alternatif strategi mengajar yang dapat digunakan oleh guru ditingkat sekolah dasar. Dengan demikian, penggunaan media yang menarik sebagai strategi yang efektif untuk mengatasi kebosanan dalam belajar dan meningkatkan  hasil pembelajaran,  terutama dalam mata pelajaran Bahasa Inggris.

Downloads

Published

2025-07-15

Issue

Section

Articles