Optimalisasi Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Media Pembelajaran Digital pada Mata Pelajaran IPAS Kelas V SD

Authors

  • Febi Nurul Khasanah Universitas Pelita Bangsa
  • Aprilla Adelia Universitas Pelita Bangsa
  • Firda Meliawati Putri Universitas Pelita Bangsa
  • Minah Nurholizah Universitas Pelita Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.59422/djpl.v2i07.975

Keywords:

Coaching Pendidikan, Media Pembelajaran Digital, Motivasi Siswa

Abstract

Pengabdian ini bertujuan memperluas wawasan pendidik dalam menerapkan strategi inovatif melalui teknik coaching yang disinkronkan dengan media pembelajaran digital guna meningkatkan motivasi belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPAS di SDN Mekar Mukti 04. Penulis menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan metode Participatory Action Research (PAR), meliputi tahapan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Data diperoleh setelah wawancara dengan siswa, observasi langsung, dokumentasi, serta angket skala Likert untuk mengukur motivasi belajar. Analisis data dilakukan secara deskriptif untuk mengevaluasi pengaruh teknik coaching berbasis media pembelajaran digital terhadap motivasi belajar siswa. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa hasil evaluasi yang dilakukan dengan menyebarkan kuesioner skala Likert 3 poin kepada 23 siswa, yaitu Tidak Setuju (1), Cukup Setuju (2), dan Setuju (3). Hasil kuesioner menunjukkan bahwa sebanyak 61% siswa  menyatakan Setuju, 30% Cukup Setuju, dan hanya 9% yang Tidak Setuju terhadap pernyataan bahwa media digital meningkatkan motivasi belajar. Data ini memperlihatkan bahwa media pembelajaran digital memberikan pengaruh positif terhadap motivasi belajar siswa. Implikasi kegiatan ini menunjukkan bahwa penerapan teknik coaching yang dipadukan media pembelajaran digital merupakan pendekatan efektif dan relevan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran serta motivasi siswa, khususnya dalam menghadapi tantangan pendidikan di era teknologi.

Downloads

Published

2025-07-15

Issue

Section

Articles