Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Anak Usia Dini Melalui Pelatihan Metode Proyek di Kabupaten Bekasi

Authors

  • Gina Asri Ruwaida Universitas Pelita Bangsa
  • Azi Matur Rahmi Universitas Pelita Bangsa
  • Saiful Mukti Ali Universitas Pelita Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.59422/djpl.v2i05.904

Keywords:

Anak Usia Dini, Berpikir Kritis, Metode Proyek, PAUD, Pengabdian Masyarakat

Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis anak usia dini melalui pelatihan penerapan metode proyek kepada guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Kabupaten Bekasi. Pendidikan pada tahap usia dini merupakan fondasi penting dalam membentuk pola pikir analitis dan problem solving anak sejak dini. Namun, kenyataannya, pendekatan pembelajaran yang diterapkan di berbagai lembaga PAUD masih dominan bersifat konvensional dan berpusat pada guru, sehingga anak-anak kurang mendapatkan pengalaman belajar yang aktif, eksploratif, dan kontekstual. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, kegiatan ini melibatkan guru PAUD dalam pelatihan yang dirancang secara sistematis dan bertahap. Program pelatihan mencakup enam tahap utama, yaitu: identifikasi kebutuhan guru, penyusunan materi pelatihan berbasis metode proyek, pelaksanaan pelatihan interaktif, implementasi di kelas yang didampingi oleh tim ahli, evaluasi pelaksanaan program, serta penyusunan laporan dan diseminasi hasil. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa guru mampu memahami serta mengimplementasikan metode proyek secara efektif, yang berdampak pada meningkatnya partisipasi aktif anak dalam proses pembelajaran. Anak menunjukkan kemampuan dalam mengamati, bertanya, mengevaluasi, dan menyusun solusi terhadap permasalahan sederhana yang dihadapi sehari-hari. Tidak hanya itu, keterlibatan orang tua juga meningkat dalam mendukung kegiatan proyek anak di rumah. Kegiatan ini membuktikan bahwa pelatihan metode proyek merupakan pendekatan yang efektif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran PAUD serta menstimulasi kemampuan berpikir kritis anak sejak usia dini secara berkelanjutan.

Downloads

Published

2025-05-30

Issue

Section

Articles