Pendampingan Implementasi Projek PenguatanProfil Pelajar Pancasila (P5) di Sekolah Dasar Untuk Meningkatkan Literasi Sains

Authors

  • Awalina Barokah Universitas Pelita Bangsa
  • Septian Mukhlis Universitas Pelita Bangsa
  • Yossi Srianita Universitas Pelita Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.59422/djpl.v2i05.899

Keywords:

Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, literasi sains, sekolah dasar, Kurikulum Merdeka

Abstract

Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) merupakan bagian penting  dari Kurikulum Merdeka yang bertujuan untuk membentuk karakter siswa melalui pembelajaran kontekstual. Kegiatan pengabdian  ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses dan hasil pendampingan implementasi P5 di sekolah dasar guna meningkatkan literasi sains siswa. Metode yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif dengan yang berfokus pada proses pendampingan secara intensif.. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan minat dan pemahaman siswa terhadap konsep-konsep sains melalui impelemtasi P5 yang memiliki tema relevan dengan kehidupan sehari-hari dan diintegrasikan literasi sains. Pendampingan juga berdampak positif terhadap kemampuan guru dalam merancang proyek yang integratif dan berpusat pada siswa. Berdasarkan kegiatan pendampingan tersebut dapat disimpulkan bahwa implementasi P5 yang didampingi secara sistematis dapat menjadi strategi efektif dalam meningkatkan literasi sains di sekolah dasar.

Downloads

Published

2025-05-30

Issue

Section

Articles