Pendampingan Implementasi Projek PenguatanProfil Pelajar Pancasila (P5) di Sekolah Dasar Untuk Meningkatkan Literasi Sains
DOI:
https://doi.org/10.59422/djpl.v2i05.899Keywords:
Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, literasi sains, sekolah dasar, Kurikulum MerdekaAbstract
Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) merupakan bagian penting dari Kurikulum Merdeka yang bertujuan untuk membentuk karakter siswa melalui pembelajaran kontekstual. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses dan hasil pendampingan implementasi P5 di sekolah dasar guna meningkatkan literasi sains siswa. Metode yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif dengan yang berfokus pada proses pendampingan secara intensif.. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan minat dan pemahaman siswa terhadap konsep-konsep sains melalui impelemtasi P5 yang memiliki tema relevan dengan kehidupan sehari-hari dan diintegrasikan literasi sains. Pendampingan juga berdampak positif terhadap kemampuan guru dalam merancang proyek yang integratif dan berpusat pada siswa. Berdasarkan kegiatan pendampingan tersebut dapat disimpulkan bahwa implementasi P5 yang didampingi secara sistematis dapat menjadi strategi efektif dalam meningkatkan literasi sains di sekolah dasar.