Program Digital Marketing Pada Platform Social Media (Instagram) & Marketplace (Shopee) UMKM Kerajinan Tangan Naycraft
DOI:
https://doi.org/10.59422/djpl.v1i04.353Keywords:
Pemasaran Digital, Media Sosial, Pasar, Kerajinan TanganAbstract
Pengabdian kepada Masyarakat Berdampak ini menemukan pokok masalah mitra adalah tidak konsistennya dalam memberdayakan akun platform social media dan marketplace yang sudah dimiliki. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk membantu UMKM Kerajinan Tangan Naycraft dalam pemilihan social media dan marketplace yang tepat sesuai kebutuhan mitra dalam penerapan strategi digital marketing. Metode pelatihan melalui pendampingan kepada pemilik UMKM secara offline dan online dengan membekali pengetahuan dan pemahaman yang baik mengenai cara mengelola dan mengoperasikan social media (Instagram) dan marketplace (Shopee) yang dapat diterapkan dalam menjalankan bisnisnya. Hasil analisis dari kegiatan yang dilakukan pada akun platform Instagram & Shopee UMKM Naycraft menunjukkan adanya peningkatan kinerja yang signifikan, efektivitas dari strategi yang diterapkan dalam memperluas jangkauan dan memperkuat hubungan dengan konsumen. Melalui PkM Berdampak ini kerajinan tangan Naycraft memiliki potensi untuk terus berkembang dan bersaing secara efektif di pasar yang semakin kompetitif dengan memanfaatkan kekuatan social media dan marketplace dalam pemasaran digital.