Gerakan Literasi Sekolah: Pembuatan Pojok Baca dalam Membangun Budaya Membaca di Sekolah Dasar

Authors

  • Bramianto Setiawan Universitas Pelita Bangsa
  • Firda Meliawati Putri Universitas Pelita Bangsa
  • Nabila Azzahra Chandra Universitas Pelita Bangsa
  • Siska Nur Amalia Universitas Pelita Bangsa
  • Septia Nurlaela Universitas Pelita Bangsa
  • Siti Haerunisa Universitas Pelita Bangsa
  • Aulia Zulfia Universitas Pelita Bangsa
  • Savira Indar Mukti Universitas Pelita Bangsa
  • Zaynab Aljawi Universitas Pelita Bangsa
  • Lili Rahmawati Universitas Pelita Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.59422/djpl.v2i08.1048

Keywords:

Gerakan Literasi, Pojok Baca, Sekolah Dasar

Abstract

Kegiatan membaca memiliki peran penting dalam pendidikan, namun minat baca peserta didik di Indonesia masih tergolong rendah. Pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan keterampilan literasi peserta didik dengan menciptakan budaya membaca di sekolah dengan pojok baca sebagai sarana literasi. Dalam pengabdian ini, membahas implementasi kegiatan pembuatan Pojok Baca di SDN Sukadanau 03 sebagai bagian dari pelaksanaan GLS dalam rangka membangun budaya literasi di tingkat sekolah dasar. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini mencakup tahap perencanaan, pelaksanaan pembuatan pojok baca, pengorganisasian koleksi bahan bacaan, serta evaluasi partisipasi dan keterlibatan peserta didik. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa kehadiran Pojok Baca mampu meningkatkan antusiasme peserta didik dalam membaca, membentuk kebiasaan membaca harian, dan mendukung proses pembelajaran secara berkelanjutan. Pengabdian ini membahas tantangan dan keberhasilan dalam menerapkan program. Ini juga menekankan betapa pentingnya guru dan lingkungan sekolah berpartisipasi secara aktif dalam menciptakan lingkungan literasi yang baik. Disimpulkan bahwa pojok baca merupakan sarana yang efektif dalam pengembangan budaya literasi di sekolah dasar apabila didukung oleh literasi yang terpadu dan berkelanjutan.

Downloads

Published

2025-08-31