Peningkatan Kesejahteraan Pengrajin IKM Kripik Ubi di Kabupaten Karanganyar melalui Pembukuan Sederhana dan Digital Marketing

Authors

  • Rochmi Widayanti Universitas Islam Batik Surakarta
  • Sudarwati Sudarwati Universitas Islam Batik Surakarta
  • Denny Asmara Sekolah Tinggi Pariwisata Sahid Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.59422/djpl.v1i05.458

Keywords:

Pengrajin kripik, Ubi, Pembukuan Sederhana, Pemasaran Online

Abstract

Pengabdian masyarakat merupakan salah satu bagian dari Tridharma Perguruan Tinggi yang meliputi pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Kegiatan ini bertujuan untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat, khususnya dalam pengolahan produk lokal seperti keripik Ubi. Kegiatan pengabdian masyarakat ini diharapkan memberikan solusi yang sinkron dengan permasalahan yang dialami oleh pengrajin keripik Ubi. Permasalahan, solusi dan target yang ditawarkan diuraikan sebagai berikut: (1) terbatasnya pengetahuan manajemen usaha terutama fokus pada pengelolaan keuangan usaha, solusi yang ditwarkan berupa pelatihan pembuatan pembukuan keuangan sederhana (2) penguasaan teknologi yang terbatas dan belum mengenal tentang social media sebagai salah satu alat promosi produk, sehingga solusi yang ditawarkan yaitu pengenalan dan pelatihan pemasaran produk secara digital/online. Melalui kegiatan pengabdian masyarakat ini, diharapkan pengrajin Ubi konsisten dan komitmen membuat pembukuan sederhana sehingga dapat terpisah uang usaha dengan uang untuk kebutuhan sehari-hari. Selanjutnya pasca pelatihan pemasaran secara online atau digital marketing dapat konsisten diterapkan secara rutin untuk mempromosikan produk mereka melalui tiktok, atau Instagram dan live show Shopee sehingga dapat menarik konsumen baru dan loyal dan ini akan berdampak pada jumlah penjualan yang meningkat pada produk yang dimiliki IKM Kripik Ubi di Karanganyar.

Downloads

Published

2024-06-30

Issue

Section

Articles